Praktik Interpretasi Citra Penginderaan Jauh - SMA Bina Mulia Pontianak

 Hallo Geografer Hebat!

Di postingan kali ini, Ms. Shine akan berbagi inspirasi kegiatan pembelajaran geografi kelas 10 (fase E) materi penginderaan jauh-interpretasi citra. Interpretasi citra merupakan aktivitas mengkaji foto udara dan/atau citra dengan tujuan mengidentifikasi objek serta mencari makna penting dari objek tersebut.

Citra Penginderaan Jauh

Dalam kegiatan interpretasi citra ini, peserta didik diberi pemahaman tentang bagaimana citra tersebut dihasilkan, mulai dari komponen penginderaan jauh, teknologi pengambilan citra, hingga teknik pemrosesan data. Peserta didik juga diberikan pemahaman tentang unsur-unsur interpretasi citra seperti ukuran, warna, tekstur, pola, dan beberapa unsur lainnya.

Praktik Interpretasi Citra

Saat melakukan interpretasi, peserta didik diajak untuk mengembangkan keterampilan analisis spasial. Mereka diminta untuk menafsirkan arti citra yang terlihat, apakah menampilkan sebuah kawasan pabrik, area perumahan, danau, hutan, atau justru tanah lapang, serta memahami bagaimana perubahan penggunaan lahan dari waktu ke waktu.

Kegiatan interpretasi citra penginderaan jauh- SMA Bina Mulia Pontianak

Kegiatan interpretasi citra ini bermanfaat dalam membantu peserta didik mengembangkan kemampuan analisis spasial dan pemahaman yang lebih baik terhadap lingkungan serta menghubungkan konsep geografis dengan dunia nyata. Selain itu, keterampilan ini memiliki relevansi praktis dalam berbagai bidang, seperti pemetaan, perencanaan lingkungan, pemantauan bencana alam, dan analisis data geografis untuk pengambilan keputusan.

Kegiatan interpretasi citra penginderaan jauh-SMA Bina Mulia Pontianak


Berikut rangkuman kegiatan interpretasi citra yang telah dilaksanakan di kelas 10 SMA Bina Mulia Pontianak. Selamat menyaksikan
😊

**************************

**************************

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Praktik Interpretasi Citra Penginderaan Jauh - SMA Bina Mulia Pontianak"

Post a Comment

Serba-Serbi