Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Hallo Sahabat Ms. Shine!
Di postingan kali ini, Ms. Shine akan berbagi pengetahuan tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Ms. Shine juga akan memberikan beberapa file terkait panduan pengembangan pelaksanaan P5 yang dapat diunduh secara gratis yaaa😊
Nah, projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler
berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan
karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan
Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar
Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu
pelaksanaan.
Projek penguatan profil
pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan
kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi
pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat
dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan
profil pelajar Pancasila.
“... perlulah anak-anak
[Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan rakyat, agar supaya
mereka tidak hanya memiliki ‘pengetahuan’ saja tentang hidup rakyatnya, akan
tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri, dan kemudian tidak hidup berpisahan
dengan rakyatnya.” Ki Hajar Dewantara
Projek penguatan profil
pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada siswa untuk “mengalami
pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk
belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam projek penguatan ini, siswa memiliki
kesempatan untuk mengupas dan memahami tema-tema atau isu penting seperti
perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha,
teknologi dll., sehingga siswa bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu
tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Tema ini dapat berubah
setiap tahunnya, ditentukan oleh pemerintah pusat (Kemdikbud) berdasarkan isu
yang diprioritaskan.
Selain itu, Pelajar
Indonesia juga diharapkan memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang
demokratis serta menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh karenanya,
Pelajar Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang
berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.
Adapun prinsip-prinsip
pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai berikut:
1. Holistik
Holistik bermakna memandang sesuatu secara
utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah. Dalam konteks
perancangan Projek Penguatan profil pelajar Pancasila, kerangka berpikir
holistik mendorong kita untuk menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat
keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam
2. Kontekstual
Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya
mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam
keseharian. Prinsip ini mendorong guru dan murid untuk dapat menjadikan
lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama
pembelajaran. Oleh karenanya, sekolah sebagai penyelenggara kegiatan projek
harus membuka ruang dan kesempatan bagi murid untuk dapat mengeksplorasi
berbagai hal di luar lingkup sekolah.
3. Berpusat
Pada Peserta Didik
Prinsip berpusat pada murid berkaitan
dengan skema pembelajaran yang mendorong murid untuk menjadi subjek
pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri. Guru
diharapkan dapat mengurangi peran sebagai aktor utama kegiatan belajar mengajar
yang menjelaskan banyak materi dan memberikan banyak instruksi. Sebaliknya,
guru sebaiknya menjadi fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak
kesempatan bagi murid untuk mengeksplorasi berbagai hal atas dorongannya
sendiri.
4. Eksploratif
Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat untuk
membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri. Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler
yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran. Oleh
karenanya projek ini memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan
materi pelajaran, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran
Untuk selengkapnya, silahkan
unduh Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada link
di bawah ini ya😊
- Panduan Pengembangan Projek PenguatanProfil Pelajar Pancasila
- Dimensi-Elemen-Subelemen Profil PelajarPancasila
Demikianlah postingan
mengenai panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Terima
kasih telah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan
dan inspirasi lainnya. 💕
Baca
juga: Gelar Karya P5 SMA Bina MuliaPontianak Usung Tema Kearifan Lokal: Budaya Kita, Cerita Kita
0 Response to "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"
Post a Comment