Gelar Karya P5 SMA Bina Mulia Pontianak Usung Tema Kewirausahaan: Ayo Menjadi Enterpreneur Muda

Hallo Sahabat Ms. Shine!

Di postingan kali ini, Ms. Shine akan berbagi inspirasi gelar karya proyek penguatan profil pelajar Pancasilan (P5) tema kewirausahaan yang telah diselenggarakan oleh SMA Bina Mulia Pontianak. Sebagai lembaga pendidikan yang selalu berinovasi, SMA Bina Mulia Pontianak mengambil langkah untuk mengintegrasikan konsep-konsep kewirausahaan ke dalam kegiatan P5. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan semangat kewirausahaan, serta membangun tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu bergotong-royong, bernalar kiritis, serta kreatif.

GELAR KARYA P5 KEWIRAUSAHAAN
Pada proyek ini peserta didik diberikan pengalaman langsung dalam merancang, mendirikan, dan mengelola bisnis kecil yang mereka laksanakan secara berkelompok. Kegiatan dimulai dengan memberikan materi dasar tentang kewirasuahaan yang mereka pelajari bersama dengan para fasilitator di kelas. Kemudian, sekolah menyelenggarakan seminar dengan menghadirkan praktisi pengusaha sukses sebagai pembicara. Peserta didik diajak untuk mendalami prinsip-prinsip dasar kewirausahaan, strategi manajemen bisnis, serta etika dalam berwirausaha. Melalui seminar ini, mereka tidak hanya memahami konsep-konsep teoritis, tetapi juga diberikan wawasan praktis yang dapat diaplikasikan dalam dunia nyata.

Kegiatan Seminar Kewirausahaan: Ayo Menjadi Enterpreneur Muda

Setelah mendapatkan landasan teoritis, setiap kelompok ditantang untuk merancang dan menjalankan proyek kewirausahaan. Dalam proses ini, peserta didik diminta untuk merencanakan, mengelola, mempromosikan, hingga menjalin kerja sama dengan investor untuk menjalalankan bisnis mereka. Melalui proses ini, mereka belajar bagaimana merancang model bisnis, menghitung keuangan, melakukan pemasaran, dan menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin muncul dalam berwirausaha.

Puncak kegiatan ini adalah Bazar Kewirausahaan yang melibatkan peserta didik, orang tua, influencer, dan berbagai brand lokal. Bazar ini bukan hanya wadah untuk memamerkan produk-produk dan usaha-usaha yang dihasilkan oleh setiap kelompok, tetapi juga menjadi platform untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan antar peserta didik. Tokoh-tokoh inspiratif dari dunia kewirausahaan lokal juga diundang untuk memberikan motivasi dan pandangan langsung kepada para peserta didik.

GELAR KARYA P5 KEWIRAUSAHAAN

Kegiatan ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan serta mendukung dan membentuk karakter kewirausahaan sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Peserta didik tidak hanya diberikan pengetahuan dan keterampilan praktis, tetapi juga didorong untuk menjadi pemikir kreatif, pemecah masalah, dan pengusaha yang berdaya saing di era global.

Berikut rangkuman kegiatan gelar karya yang telah dilaksanakan dalam bentuk Bazar Kewirausahan.

Selamat menyaksikan!!!

**************************

**************************

Baca juga: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gelar Karya P5 SMA Bina Mulia Pontianak Usung Tema Kewirausahaan: Ayo Menjadi Enterpreneur Muda"

Post a Comment

Serba-Serbi