Gelar Karya P5 SMA Bina Mulia Pontianak Usung Tema Kearifan Lokal: Budaya Kita, Cerita Kita

Hallo Sahabat Ms. Shine!

Projek Penguatan Profil Pelajar dengan tema Kearifan Lokal: Budaya Kita, Cerita Kita adalah kegiatan yang bertujuan untuk menggali dan memperkaya pemahaman peserta didik SMA Bina Mulia Pontianak tentang nilai-nilai Pancasila yang tercermin dalam kearifan lokal. Kegiatan ini melibatkan seluruh peserta didik dalam serangkaian pembelajaran dan projek yang dirancang untuk memperkuat identitas kultural, etika, dan norma-norma sosial yang tumbuh subur di tengah masyarakat. Dari pelaksanaan projek ini diharapkan dapat membangun tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu berkebinekaan global, bernalar kiritis, serta kreatif.

GELAR KARYA P5 KEARIFAN LOKAL

Awalnya, peserta didik diajak untuk mengenali dan membangun kesadaran terhadap pengetahuan kearifan lokal di Indonesia. Kemudian, peserta didik menggali bentuk-bentuk kearifan lokal yang ada di Indonesia secara umum dan di wilayah Kalimantan Barat secara khusus. Mereka belajar tentang sejarah kearifan lokal yang diwariskan dari generasi ke generasi dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat dihubungkan dengan prinsip-prinsip Pancasila.


Kegiatan Pengenalan Permainan Tradisional di Indonesia

Pihak sekolah juga mengadakan kegiatan seminar dengan mengundang ahli budaya Kalimantan Barat. Seminar ini bertujuan untuk membuka mata para peserta didik terhadap keberagaman budaya yang dimiliki oleh Kalimantan Barat, sambil memahami bagaimana kearifan lokal dapat menjadi landasan yang kokoh dalam membangun karakter yang baik.


Seminar Pengenalam Kearifan Lokal Kalimantan Barat

Selanjutnya, setiap kelas diberi tanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan projek yang mencerminkan nilai-nilai kearifan lokal Kalimantan Barat. Projek-projek ini berupa makanan/ minuman khas, kerajinan daerah, pakaian/senjata tradisional tarian/lagu, cerita rakyat/adat istiadat dalam bentuk drama. Dengan projek ini, peserta didik tidak hanya berpartisipasi dalam eksplorasi budaya, tetapi juga turut serta dalam pengembangan dan pelestarian warisan lokal.

Teaser Perayaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Kreasi Tarian Tidayu

Puncak dari kegiatan projek ini adalah perayaan besar yang melibatkan seluruh peserta didik SMA Bina Mulia Pontianak. Rangkaian kegiatan perayaan ini diselenggarakan bertepatan dengan HUT Kota Pontianak ke 251 "Pontianak Kuat Pontianak Hebat". Perayaan ini menjadi wadah bagi peserta didik untuk mempresentasikan projek-projek mereka, berbagi pengetahuan, dan memperkuat rasa kebersamaan dalam semangat kearifan lokal. Kegiatan ini berhasil menciptakan suatu atmosfer pembelajaran yang tidak hanya mendidik secara akademis, tetapi juga merangsang kepedulian, kebanggaan, dan kecintaan terhadap budaya dan kearifan lokal Kalimantan Barat.

Berikut adalah dokumentasi perayaan P5 tema kearifan lokal “Budaya Kita, Cerita Kita” yang telah diselenggarakan di SMA Bina Mulia Pontianak.

Selamat menyaksikan!!!

**************************



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gelar Karya P5 SMA Bina Mulia Pontianak Usung Tema Kearifan Lokal: Budaya Kita, Cerita Kita"

Post a Comment

Serba-Serbi