Simulasi Sensus dan Survei Penduduk di Lingkungan Sekolah: Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

Hallo Geografer Hebat!

Di postingan kali ini, Ms. Shine akan berbagi inspirasi kegiatan pembelajaran geografi fase F (kelas 11) materi kependudukan. Sebagai pemenuhan asesmen sumatif, peserta didik SMA Bina Mulia Pontianak diminta untuk melakukan praktik pengolahan data kependudukan melalui simulasi sensus dan survei penduduk di lingkungan sekolah.

SMA BINA MULIA PONTIANAK

Praktik ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data kependudukan, sehingga mereka dapat lebih memahami teori-teori yang telah dipelajari. Berikut adalah langkah-langkah kegiatan yang dilakukan:

Langkah 1: Persiapan

  • Guru meminta peserta didik mempersiapkan instrumen pengumpulan data seperti kuesioner, formulir, atau perangkat lain yang dibutuhkan.
  • Guru memvalidasi instrumen yang telah dibuat.
  • Guru meminta peserta didik menentukan populasi atau sampel yang akan dijadikan objek pengolahan data. Dalam hal ini, populasi atau sampel yang digunakan adalah peserta didik SMA Bina Mulia kelas X/XI/XII.
  • Contoh kuesioner yang telah dibuat peserta didik dalam bentuk google form. [Klik di sini]

Langkah 2: Pengumpulan Data

  • Peserta didik melakukan pengumpulan data sesuai dengan instrumen yang telah disiapkan. Pengumpulan data dilakukan pada jam literasi. Setiap kelompok akan masuk ke kelas-kelas untuk menyebarkan kuesioner yang telah dibuat. Pada kegiatan ini, peserta didik akan merasakan pengalaman langsung bagaimana proses pengambilan data yang biasanya dilakukan saat sensus/survei penduduk.
  • Peserta didik memastikan pengumpulan data dilakukan secara akurat dan teliti.

Langkah 3: Pemeriksaan Kualitas Data

  • Peserta didik melakukan pemeriksaan kualitas data untuk memastikan data yang dikumpulkan valid dan dapat dipercaya.
  • Peserta didik mengidentifikasi data yang tidak lengkap atau tidak konsisten untuk ditindaklanjut.

Langkah 4: Pencatatan

  • Peserta didik mencatat data yang telah terkumpul menggunakan langkah-langkah sesuai dengan materi yang telah dipelajari pada kegiatan pembelajaran sebelumnya.

Langkah 5: Pengolahan dan Analisis Data

  • Peserta didik melakukan pengolahan dan analisis data menggunakan metode statistik yang relevan, seperti statistik deskriptif.
  • Peserta didik menginterpretasikan hasil analisis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi kependudukan dilingkungan sekolah.

Langkah 6: Presentasi Hasil

  • Peseta didik mempresentasikan hasil analisis data dalam bentuk infografis yang mudah dipahami.
  • Peserta didik menyaampaikan temuan-temuan yang signifikan dan relevan untuk mendukung pengambilan keputusan.
  • Hasil karya peserta didik bisa lihat di [Klik di sini]

Langkah 7: Evaluasi dan Refleksi

  • Guru dan peserta didik meninjau kembali proses pengolahan data dan temuan yang telah diperoleh.
  • Guru mengevaluasi proses pengolahan data untuk mengidentifikasi kekurangan dan perbaikan yang dapat dilakukan di masa mendatang.

Dokumentasi kegiatan Asesmen Sumatif:

  • Kelas 11 B

  • Kelas 11 C 

Melalui kegiatan ini, peserta didik tidak hanya belajar tentang teori kependudukan, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis seperti membuat instrumen penelitian, wawancara, dan analisis data. Mereka juga belajar bekerja dalam tim, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil kerja mereka kepada teman-teman sekelas.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk merasakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Mereka dapat langsung melihat bagaimana data yang mereka kumpulkan dan olah memiliki dampak langsung dalam kegiatan pembelajaran.

Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya sekadar kegiatan belajar biasa, tetapi juga menjadi pengalaman belajar yang tak terlupakan. Melalui pengalaman ini pula, diharapkan peserta didi dapat lebih memahami betapa pentingnya data kependudukan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia.

**************************

Baca juga: Praktik Interpretasi Citra Penginderaan Jauh - SMA Bina Mulia Pontianak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simulasi Sensus dan Survei Penduduk di Lingkungan Sekolah: Pengalaman Belajar yang Menyenangkan"

Post a Comment

Serba-Serbi