Gelar Karya P5 SMA Bina Mulia Pontianak Usung Tema Suara Demokrasi: Suaraku untuk Indonesiaku!

Hallo Sahabat Ms. Shine!

Di postingan kali ini, Ms. Shine akan berbagi inspirasi gelar karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema Suara Demokrasi yang telah diselenggarakan oleh SMA Bina Mulia Pontianak. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

P5 TEMA SUARA DEMOKRASI

Suara demokrasi diangkat sebagai tema menarik dalam pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMA Bina Mulia Pontianak. Suara demokrasi bukan hanya mencerminkan keberadaan sistem politik, tetapi juga mencerminkan budaya berpikir terbuka, antusiasme dalam mempelajari hal baru, dan semangat kolaboratif. Dengan menjadikan suara demokrasi sebagai fokus pembelajaran, peserta didik diajak untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya partisipasi aktif dalam kehidupan demokratis. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan semangat demokrasi, serta membangun tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kreatif, dan Mandiri.

Pengenalan Makna Demokrasi

Proyek dimulai dengan langkah-langkah penting dalam membangun pemahaman yang kokoh tentang demokrasi. Peserta didik diajak untuk mendalami makna dan prinsip-prinsip yang mendasari sistem demokrasi. Eksplorasi, diskusi, dan presentasi menjadi sarana untuk menjelajahi berbagai dimensi demokrasi, termasuk kebebasan berpendapat, keadilan, dan partisipasi aktif.

Eksplorasi Makna Demokrasi melalui Seni Mandala

Konsep mandala dalam dunia pendidikan Indonesia berasal dari mandala kadewaguruan yang merupakan pusat pendidikan era Majapahit. Mandala kadewaguruan adalah tempat bagi peserta didik masa itu mempelajari filsafat, nilai-nilai agama dalam kitab suci, dan nilai-nilai kehidupan agar mereka menjadi pribadi-pribadi yang bermartabat.

Dalam Bahasa Sansekerta kuno, mandala berarti lingkaran. Mandala adalah pola desain simbol yang dibuat untuk merepresentasikan keutuhan secara personal maupun secara kosmologis (International Design School). Mandala juga termasuk desain abstrak yang kompleks.  Mandala umumnya memiliki satu titik pusat yang berasal dari susunan symbol atau bentuk geometri an organik. Intinya mandala adalah sebuah pola pattern lingkaran.

P5 TEMA SUARA DEMOKRASI

Proses pembuatan karya seni Mandala juga menjadi wadah untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan identitas individu atau kelompok. Dalam konteks kebebasan berpendapat dan berekspresi, peserta didik menghadapi tantangan yang menghambat mereka untuk mengekspresikan diri sepenuhnya pada saat berdisukusi menyelesaian mandala ini. Melalui refleksi, mereka belajar untuk mengidentifikasi dan mengatasi segala bentuk ketidakadilan atau diskriminasi yang mungkin mereka hadapi.

P5 TEMA SUARA DEMOKRASI

Dengan demikian, kegiatan Mandala tidak hanya menjadi kegiatan mengembangkan seni, tetapi juga menjadi ajang pembelajaran yang dalam tentang pentingnya inklusi, partisipasi, dan penghargaan terhadap kebebasan berpendapat dan berekspresi. (Hasil karya mandala peserta didik bisa lihat dengan klik di sini.)

Simulasi Rapat Paripurna

Salah satu momen menarik dalam tema ini adalah simulasi rapat paripurna. Peserta didik berperan sebagai anggota legislatif dan meniru proses pengambilan keputusan dalam sebuah parlemen. Mereka mempresentasikan dan membahas berbagai isu penting, merundingkan solusi, dan menghasilkan keputusan bersama.

Selama simulasi rapat paripurna, peserta didik akan berperan sebagai anggota legislatif, mengikuti prosedur sebagaimana mestinya. Mereka belajar bagaimana pengambilan keputusan politik di dalam lembaga legislatif dilakukan, serta bagaimana Pancasila sebagai dasar negara menjadi panduan dalam proses tersebut.

Selain pengembangan pemahaman mereka tentang Pancasila dan proses legislasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi peserta didik. Simulasi ini tidak hanya memperkuat pemahaman mereka tentang proses demokrasi, tetapi juga melatih keterampilan berbicara, berdebat, dan bekerja sama. Mereka dapat merasakan secara langsung bagaimana peran dan tanggung jawab anggota legislatif dalam mewakili kepentingan masyarakat.


Gelar Karya

Puncak kegiatan P5 Suara Demokrasi: Suaraku untuk Indonesiaku merupakan momen yang ditunggu-tunggu, di mana para peserta didik menampilkan kreativitas dan semangat mereka melalui pembuatan video kampanye yang bertujuan untuk mengedukasi, menginspirasi, dan menggerakkan masyarakat tentang pentingnya hak suara, menolak golongan putih, serta menolak kampanye hitam menjelang pesta demokrasi 2024. Dengan kreativitas mereka yang luar biasa, mereka menghasilkan video yang menginspirasi dan menggerakkan masyarakat untuk menggunakan suara mereka dalam pemilihan umum. Dari proses perencanaan hingga produksi dan penyebaran, peserta didik SMA Bina Mulia Pontianak menunjukkan dedikasi dan semangat yang luar biasa dalam menyampaikan pesan penting ini kepada masyarakat luas.

Hasil Karya

Kelas

Kelompok

Karya

10 B

Kelompok 1 (Danny, Davin, Kelvin, Revy, Vanes)

https://www.instagram.com/reel/C27ZlE1vrlf/?igsh=cTlkdjhrNjl4MmJn

Kelompok 2 (Callista, Jolene, Keisha, Maria, Winny)

https://youtu.be/dCgl4H0DhWs?si=5VvlUjWGNlL153R3

Kelompok 3 (Isabel, Andy, Cecilia, Thalia, Gwen)

https://www.instagram.com/reel/C291N_SJ9OP/?igsh=MWlnc3hhMXJneGJoeQ==

Kelompok 4 (Charles, Cynthia, Eric, Felicia, Viona)

https://youtu.be/UXwiRikVUmc

Kelompok 5 (Andrew, Fitriznie, Jason, Justin, Rowan)

https://www.instagram.com/reel/C29_KXDv1vI/?igsh=MW5hdHIwMzl5M2NrMg==

10 C

Kelompok 1 (Gilbert, Jerico, Jolin, Miguel, Vincent)

https://youtu.be/qJa-dIyLG4U?si=6DQ6HZ4c5826rqe_

Kelompok 2 (Tabita, Aiilen, Claudion, Kalio, Whitney

https://youtu.be/woL2JcscB7s?si=9RHuGFCDWXjA-jnm

Kelompok 3 (Novita, Elston, Jovan, Kevin, Figo)

https://youtu.be/1tqtnEAX6CY?feature=shared

Kelompok 4 (Vicarson, Della, Jennifer, Valen, Carry)

https://youtu.be/YSMjbCnuj0k?feature=shared

Kelompok 5 (Carlos, Clara, Calysta,Latisya, Vanesa)

https://youtu.be/5k9jnapZe-E

10 D

Kelompok 1 (Jonah, Ivana, Stevaline, Neilson, Owen)

https://youtu.be/WMqJ_E8LHN0?si=jFphfZV2kTMDjNOi

Kelompok 2 (Kenjiro, Meisya, Lana, Alex, Yughie)

https://youtu.be/Kut-_0RWgho?si=lpZUqPsvYKknj54q

Kelompok 3 (Misyael, Viola, Nixon, Calista, Genevieve)

https://youtu.be/vhKHxF-ZzTU?si=JU5eEvGtwOie3hDt

Kelompok 4 (Sean, Cindy, Victorya, Careen, Bright)

https://drive.google.com/file/d/1Y1r0A92o8dNdamXoxu3sfweyIGTBr3VN/view?usp=drivesdk

Kelompok 5 (Kelvin, Angelie, Jessica, Felicia, Putra)

https://youtu.be/EFq-43UQlhY?si=RrQz4id4Ma1tYyc_

Melalui Gelar Karya pembuatan video kampanye ini, kegiatan P5 tidak hanya menjadi sebuah ajang untuk menampilkan kreativitas dan keahlian, tetapi juga sebuah upaya konkret untuk menghasilkan dampak positif dalam memperkuat demokrasi dan partisipasi politik di masyarakat. Dengan semangat yang berkobar, video kampanye ini menjadi salah satu alat penting dalam membangun kesadaran dan semangat demokrasi menjelang pesta demokrasi 2024.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan "Suara Demokrasi: Suaraku Untuk Indonesiaku" ini tidak hanya menjadi wadah untuk memperdalam pemahaman tentang demokrasi, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam membangun generasi pemimpin yang demokratis, bertanggung jawab, dan berdaya saing tinggi. Dengan semangat dan komitmen yang kuat, SMA Bina Mulia Pontianak terus menerus menjadi pelopor dalam memperkuat pendidikan Pancasila dan mempersiapkan generasi masa depan Indonesia yang lebih baik.

**************************

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gelar Karya P5 SMA Bina Mulia Pontianak Usung Tema Suara Demokrasi: Suaraku untuk Indonesiaku!"

Post a Comment

Serba-Serbi